Jumat, 23 Desember 2011

Just for My Mom

Kubuka album biru
Penuh debu dan usang
Ku pandangi semua gambar diri
Kecil bersih belum ternoda


Pikirkupun melayang
Dahulu penuh kasih
Teringat semua cerita orang
Tentang riwayatku


Kata mereka diriku slalu dimanja
Kata mereka diriku slalu ditimang …

Sebait lagu kudengar dari musisi tanah air ini “Melly Goeslow-Bunda” belum sempat kubereskan hingga akhir bait  menyimak tiap kalimatnya,tiba-tiba seperti ada sesuatu yang jatuh meluncur deras dipipiku,ada kerinduan yang menyesak sakit di dada ini,semua memori berputar seperti sebuah film pendek.

Mah melalui barisan kata ini inginku tuangkan segenap perasaanku untuk mamah,ini bukan dalam rangka hari ibu ataupun hari kartini,karena setiap saat dalam hidupku,mamah ialah wanita yang lebih hebat dari pada Kartini,aku bersyukur karena Tuhan menitipkanku pada malaikat bumi seperti mamah.

Mah..terimakasih telah mengandungku 9 bulan lamanya..

Mah..terimakasih telah berjuang melawan kematian saat melahirkanku kedunia..

Mah..terimakasih telah menimangku selama kecil..

Mah..terimakasih telah memberiku nama yang baik..

Mah..terimakasih telah mendidiku dengan benar..


Mah..aku masih ingat,saat mamah pulang dari kantor bersama ayah,dan kemudian membawakanku hadiah berupa sepeda roda empat menggunakan beca..

Mah..aku masih ingat ketika mamah mengajaku ke toko pakaian,dan aku malah membuat panik dengan bersembunyi dibalik pakaian-pakaian besar yang terpajang.beruntung ayah bisa menemukanku..

Mah..aku masih ingat,ketika mamah mebawaku ke taman safari,dan memotretku diatas patung jerapah.

Mah..aku masih ingat ketika ayah mengajarkanku cara bersepeda,lalu aku jatuh bangun terjatuh dan menangis,namun kemudian mamah menyemangatiku hingga bisa.

Mah..aku masih ingat ketika ayah mengajarkanku mengaji kemudian membentakku,namun mamah yang terus mendorongku agar bisa..

Mah..aku masih ingat ketika aku belajar membaca dengan mengeja satu demi satu kata-kata..mamah tetap sabar menungguiku walau mengantuk...

Mah..aku ingat ketika mamah dan ayah meninggalkanku pergi kerja ke kantor,kemudian memberikan aku seorang pengasuh yang cerewet,karna kesal aku kencingi muka ia,dulu aku lakukan itu karena ingin mamah selalu ada didekatku mah..

Mah..aku masih ingat ketika mamah mengantarkanku ke TPA dan menitipkan aku ke ke beberapa ustadz agar aku diberikan ilmu yang bermanfaat..

Mah..aku ingat ketika mamah merayakan ulang tahunku yang ke 5 tahun,banyak teman-temanku datang dan memberikan aku kado..

Mah..aku ingat ketika mamah mengantarkanku di khitan,dan setelahnya aku mendapatkan banyak hadiah mainan baru..

Mah..aku masih ingat ketika mamah menungguiku dihari pertama bersekolah taman kanak-kanak,agar aku menjadi siswa yang baik..

Mah..aku masih ingat ketika mamah berpesan,jika aku besar nanti tidak boleh memainkan hati kaum wanita seperti mamah..

Maah..itu beberapa kebaikan mamah diwaktu aku kecil yang aku berusaha ingat..namun karena mamah sangat banyak memberiku kebaikan,aku tak mungkin bisa menghitung dan menuliskannya satu persatu dengan jumlah yg pasti..

Mah..kini usiaku 21 tahun,aku bukan anak kecil seperti kemarin lagi..

Mah..terimakasih untuk perhatian mamah untuku yg tidak pernah luntur,hampir setiap aku jauh dari rumah,mamah selalu menanyakan kabarku melalui sms..

Mah..terimakasih yang selalu mengingatkan aku untuk selalu menjalankan perintah shalat 5 waktu..

Mah..maafkan aku ketika sekolah tidak pernah menjadi juara kelas..namun mamah selalu menyebutku anak yang pintar..

Mah..maafkan aku yang pernah berkelahi dengan teman bermainku,namun mamah tetap menyebutku anak yang baik..

Mah..maafkan aku yang ketika kuliah,pernah bolos dan malas mengerjakan tugas..

Mah..maafkan aku ketika aku senang bermain dengan sahabat-sahabatku lupa mengabari mamah..

Mah..maafkan aku ketika aku tidak tidur dirumah..dan sibuk dengan dunia sendiri..

Mah..maafkan aku ketika tak sempat membereskan tempat tidur lalu pergi begitu saja,namun ketika aku kembali telah menjadi bersih dan rapih.aku tau itu pasti mamah yang membereskan..

Mah..maafkan aku yang membuat adikku menangis,karena aku iri tak mau kehilangan curahan kasih sayang mamah..

Mah..maafkan aku yang meninggalkan rumah tanpa berucap salam,jika aku marah..

Mah..terimakasih atas sajadah yg tak pernah kering oleh untaian do'a tulus mamah untukku..

Mah..entah dengan cara apa aku bisa membuat mamah menangis karena haru bangga kepadaku,seperti biasanya yang dilakukan orang tua lain kepada anaknya..namun mamah selalu bilang bahwa memiliki aku saja,itu sudah cukup untuk mamah merasa bahagia,dan tak ada satupun oranglain yang merasakannya kecuali mamah.

Mah..maafkan jika aku kurang banyak berbakti kepadamu..
Mah..maafkan jika banyak perbuatanku diluar sana yang jika mamah tahu membuat mamah terluka..
Mah..aku ingin selalu dipangkuan mamah..disamping mamah..

Mah..aku yakin hanya Allah yang mampu membalas seluruh kasih sayang mamah..
Mah..terimakasih telah melahirkanku ke dunia.,
Allah Tuhanku..berikanlah hamba jalan agar dapat membahagiakan kedua orang tuaku,walaupun itu tak mungkin dapat membalas semua kebaikan mereka.

“Tuhanku ampunilah aku dan kedua orang tuaku.Juga sayangilah mereka sebagaimana mereka menyangiku dikala kecil” …amiin

***

NB: Foto-foto ini tampil di video clip Kuburan Band - UntukmuMama sebagai dedikasi di hari ibu untuk para ibu di seluruh dunia yang senantiasa mendidik dan membesarkan putra-putrinya dengan penuh kasih sayang.

1 komentar:

  1. kebaikan mamah yg tak terhitung jumlahnya...:)

    nice post gan :)

    BalasHapus

Tinggalkan Jejak