Jumat, 27 Desember 2013

Kumpul BloggerBDG bersama Qwords

Berawal dari celotehan temen di social media yang lagi ngebahas tentang seringnya peserta yang datang di kopdar blogger ialah justru yang berumur atau sudah berkeluarga, sementara yang muda-muda populasinya terlihat hampir punah klo pas lagi kopdar. Padahal notabene yang muda itu lebih keliatan aktif buat postingan karna mungkin waktu luangnya lebih banyak dibanding yang emak-emak dan abah-abah. Cuma ya itu gue juga gak abis pikir kenapa saat kopdar yang dateng emang dominan yang udah expert dalam usia.

Tapi gue sendiri juga bingung sih mana yang termasuk blogger muda, tua, atau jompo  abisnya gak ada klasifikasi umur kan buat yang namanya berkarya. Yang jelas gue yakin siapapun yang berkarya untuk berbagi ilmu, pengalaman, juga banyak hal positif lainnya dialah orang-orang yang sesungguhnya selalu memiliki jiwa muda.

Akhirnya pembahasan doi mengenai blogger tua muda di socmed berujung pada undangan Kopdar Blogger, dan disanalah gue sebagai pemuda harapan bangsa terenyuh hati gue buat ikut nimbrung dan ingin bertemu banyak orang yang berjiwa muda disana, dengan harapan gue dapet banyak ilmu plus doorprize di acara keren tersebut.
Nah inilah undangan event yang teman twitter gue maksud:



Waah dari awal gue baca ini event pasti bakal seru abis, pematerinya juga mantap dong penulis juga ada dari SEO. Dan yang nambah semakin keren ialah sponsor acara tersebut adalah Qwords.com ,yap sebuah perusahaan penyedia hosting dengan tarif ramah dan kualitas maksimum. Gue pun semakin tertarik karna pernah kepikiran buat blog gue ini menjadi ber-domain, tapi bingung kemana dan bagaimana gue harus beli domain, maklum gue kan masih belum begitu mandiri dalam finansial jadi carinya yang murah-murah aja tapi tetep kualitas kudu VERY GOOD!

Nah akhirnya waktunya pun tiba, balik dari kampus sekitaran setengah 6 sore gue udah stay di TKP. Gue ternyata kepagian eh kesorean dateng karna penyelenggara sendiri masih melakukan persiapan, angkat-angkat bangku , masang infokus, banner dan lain-lain. Pas dateng gue bingung juga blah-bloh karna gue dateng ke acara ini sendirian. Disana gue liat seorang pria yang sedang berkutat  dengan pekerjaannya di laptop, gak abis pikir gue pun beraniin diri buat senyum dan nyapa duluan. Beliau menyalami gue dan sambil malu-malu imut gue bertanya, “mas klo acara kumpul blogger sebelah mana ya?” dengan senyum ramahnya beliau pun menjawab “Iya disini mas, nanti kita lesehan (sambil menunjuk sebuah teras) tunggu aja dulu ya ini masih persiapan.” Setelah itu beliau pun mengajak berkenalan, dan terkejut gue ternyata itu Bang Aswi, iya itu salah seorang dari penyelanggara event ini.

Adzan maghrib pun berkumandang, setelah beres shalat gue merapat ke tempat yang tadi disebut bang Aswi karna acara akan segera dimulai, terlihat sudah makin banyak peserta yang datang dan melakukan registrasi. Nah tiba saatnya acara akan dibuka, tapi masih ada seseorang yang sebenernya gue cari-cari dari tadi. Dalam hati gue "Dimana ya temen twitter gue yang kemaren ngundang gue datang ke acara ini, masa iya doi yang undang tapi doi sendiri justru gak datang." Yang gue tau doi berkerudung dengan gaya modis namun simple dan gak mencolok. Iya gue cuma tau doi dari avatar di twitter nya doang, maklum sebatas teman dumay dan belum pernah ketemu sebelumnya.

Mata gue yang sipit ini gue belotot-belototin buat cari tuh temen gue, karna doi yang ngundang udah pasti klo gak peserta doi juga pasti deh bagian dari panitia. Gue liatin tuh tiap peserta yang berkerudung namun tetep gak ada yang mirip satupun sama doi, ke jajaran panitia pun sama dan akhirnya gue nemuin yang berkerudung di meja registrasi. Tapi tapi tapi…itu tetep bukan doi, malahan wanita yang berkerudung di meja registrasi tersebut tampak sudah…  IBU-IBU!!!! Pfftt…

Ah yaudah deh gue hiraukan tuh perasaan nyari temen gue, karna kini kedua MC diacara tersebut mau buka acara. Sebelum acara dibuka kedua MC tersebut memperkenalkan diri, yang cowo namanya kang Ade dan pas giliran yang cewek, dengan lembutnya ia berkata “iya dan saya Hani Rosidaini blablabla…” wow lagi-lagi kejutan dateng ternyata sang pemandu acara cewek tersebut ialah teman twitter gue @haniwww. Sosok yang gue cari dari tadi. Ya gue nyari dia karna pengen tau juga dan lebih kenal lagi di dunia nyata gak cuma sebatas dunia maya.
Hani duduknya paling kiri

Lebih lucunya lagi, pas ketika ada sesi doorprize yang pertama, sebagai MC dia bilang gini “ayo nih ada hadiah buat orang yang berani pertama kali memperkenalkan diri maju kedepan.” Semua peserta hanya diam begitu juga gue, karna emang dasarnya gue agak pemalu buat tampil di depan orang banyak. Pada akhirnya karna gak ada yang mengacungkan tangan dia mau nunjuk salah seorang peserta.
Ini udah kayak dosen dikelas yang ngasih soal dan karna gak ada mahasiswa  yang mau jawab sang dosen bakal nunjuk salah seorang. Seperti biasa klo udah gini gue lakuin trik hindari kontak mata dan so sibuk gak jelas. Tapi dengan lantang dia bilang “Oh itu mas nya yang pake batik di pojok, dari tadi saya penasaran soalnya dia dateng kesini sendirian, ayo mas boleh maju kedepan!” Aduuh trik gue gagal, tapi tak apalah ada hadiah menanti didepan sana, dan gue beraniin diri buat maju dan perkenalkan diri gue. Abis itu temen gue yang jadi MC pun bilang “ooh ini baniholic, waah kita udah kenal ya padahal di twitter. heheheh”. Yaudah deh abis itu gue lega udah berhasil memperkenalkan diri sama semua peserta yang ada juga temen gue tadi.
grogiiii gueee...

Abis beres gue kembali ke tempat gue duduk, tiba-tiba mbak yang disamping gue duduk meminta gue berfoto bareng hadiah yang barusan gue dapet buat upload di twitter katanya. Yaudah gue masang muka so manis dan pose bareng hadiah tersebut. Ekekee..

iya bonekanya lebih lucu dari gue. iya.!

Abis itu acara-acara terus bergulir, mulai dari game, music performance,kuis, dan bagi-bagi hadiah terooossss…

live acoustic by Adew habtsa and friend

Tiba juga pada acara talkshow bersama para pembicara di acara tersebut. Jreng-jrengg..pembicara pertama  pun dipanggil, yaitu seorang penulis buku laris novel remaja “Cine-us” yaitu mbak Evi Sri Rezeki. Tahukah apa yang terjadi? Sosok mbak disamping gue yang tadi minta foto gue bareng hadiah bangkit dari duduknya dan segera menuju kursi pembicara di depan. WOW!! Lagi-lagi gue kudu berkata WOW! Kejutan ternyata terus tak berhenti buat gue, gak nyangka klo mbaknya yang tadi itu mbak Evi Sri Rezeki!!! Abis itu ada juga Bang Argun dari Dewa SEO sebagai pemateri kedua di sesi talkshow ini.
Di sesi ini, mbak Evi bercerita tentang pengalaman awal mula ia menulis hingga membuat sebuah buku. Untuk buku Cine-Us sendiri mbak Evi bilang klo itu berawal dari ”Kecelakaan”. 

Saat bekerja temannya mengabari bahwa ada lomba membuat sinopsis dari salah satu penerbit buku dengan tema dunia remaja tuturnya. Mbak Evi pun mengikut sertakan tulisannya dan mengirimkan pada pihak penyelenggara tersebut. Beberapa waktu kemudian beliau mendapat kabar bahwa sinopsis yang dibuatnya lolos dan meraih kesempatan untuk menjadikannya sebuah novel oleh penerbit tersebut.  Dari ratusan orang yang menjadi peserta lomba tersebut terpilihlah dua orang yang menjadi pemenang dan Mbak Evi ialah salah satunya. Namun yang jadi masalah ialah dead-line yang begitu mendesak untuk membuat sinopsis tadi menjadi naskah sempurna kata mbak Evi. Sambil terkekeh beliau bilang “Bayangkan dengan umur saya yang sudah ratusan tahun meninggalkan dunia remaja, sekarang saya harus membuat sebuah naskah dengan banyak hal mengenai dunia remaja saat ini yang pasti jauh berbeda dengan saat saya remaja dulu.”  
Mbak Evi, Bang Argun, dan Bang Aswi dalam sesi talkshow

Namun dengan kesungguhan mbak Evi mengerjakannya, bahkan katanya untuk update tentang dunia remaja saat ini beliau bisa menghabiskan waktu membaca buku-buku novel remaja 1-3 buku perharinya untuk pembendaharaan bahasa juga memahami karakter-karakter remaja saat ini. Iya sangat tidak mudah dengan dead-line yang mendesak beliau harus membaca, menuangkan ide, dan menjadikannya sebuah tulisan. Selain itu juga ternyata mbak Evi Sri Rezeki itu kembar, dan kebetulan kembarannya juga datang menemani beliau ke acara ini yaitu mbak Eva Sri Rahayu. Dan lebih kerennya lagi mbak Eva juga ternyata sama-sama penulis buku. WOW! Mbak Evi bilang diakhir talkshow klo dia suka ngopi jadi klo ada yang masih mau nanya-nanya soal menulis buku diluar acara ini, ajak aja aku ngopi katanya sambil bercanda. Aah gue jadi curiga klo mbak Evi ini sebenernya kembar tiga, dan satu lagi itu Raisa! hahaha “Mbak Evi ngopi yuk!

Beralih kepada pemateri kedua, bang Argun berkisah tentang perjalanannya menjadi seorang SEO. Tak kalah penuh perjuangan juga, bang Argun bertutur bahwa pada awalnya beliau hanya bekerja menjadi seorang penjaga warnet. Dan luar biasanya saat bekerja menjadi penjaga warnet beliau tidak dibayar sepeserpun uang selama 3 tahun bekerja. Karna dari awal kesepakatan beliau hanya akan digaji dengan fasilitas nge-net gratis di warnet dulu ia bekerja, “ya saat itu saya hanya meniatkan menjaga warnet cuma biar dapet gratisan main internet doang, pokonya saya pake disana buat mendalami tentang  SEO setiap harinya gak ada yang lain.” Hingga hasilnya kini beliau mampu mendirikan sebuah perusahan SEO yang diberi nama DEWA SEO dan sudah mampu mempekerjakan banyak karyawannya disana. Amazing!  Nah itulah ketika kita sudah mampu bermanfaat bagi diri sendiri kedepannya kita juga akan mampu bermanfaat untuk orang banyak.

Selesai talkshow tersebut saat mbak Evi meninggalkan stage, beberapa peserta yang sudah memiliki novel mbak Evi  menghampiri beliau dan meminta tanda tangannya. Sedih  gue belum punya novel tersebut tapi gue pengen tanda tangannya juga, yaudah deh dengan buku tulis yang dari tadi gue pake buat nulis coretan-coretan mengenai materi-materi yang gue dapet, akhirnya gue memberanikan diri menghampiri mbak Evi dan meminta kesediaan beliau menandatangani buku oretan gue tadi. Dengan ramah dan tersenyum beliau memberikan tanda tangannya, tapi bukan hanya itu saja yang gue dapet. Gue mendapat kesempatan berkenalan dan mengobrol banyak dengan beliau. Gue berkata padanya “mbak, pengalaman mbak tadi itu menurut saya bukan “kecelakaan” loh, justru itu “keberuntungan”.

Sambil sedikit mengerutkan kening dan tetap dengan senyum tulusnya beliau bertanya “loh kok bisa gitu?” “iya mbak, soalnya buat menulis dan jadi buku itu hal yang tak mudah, banyak yang coba kirim tulisannya ke penerbit berkali-kali tapi ditolak terus kan, terus itu juga peserta banyak dan mbak jadi pemenangnya.” kata gue malu-malu. Mbak Evi pun tersenyum dan melihat tajam mata sipit gue sekarang sambil bekata lembut. kata-kata inilah yang gak bakal gue lupa, karna ini menjadi hembusan semangat baru buat jiwa gue sejak saat itu, “keberuntungan ya? Iya sih aku juga sempat berpikir begitu, dan aku juga ngelihat di diri kamu ada banyak keburuntungan itu juga loh.”

Waah I’m fly!!! Gue tau beliau bukanlah peramal tapi saat itu yang gue rasain ialah, jika seseorang yang baru gue kenalan aja optimis klo gue bisa berkarya dan mencapai impian-impian gue, masa gue gak yakin ma diri gue sendiri. Ditambah lagi yang ngomong ke gue barusan itu ialah seorang yang gue anggap luar biasa.
for me, it's more than words she's wrote.

Acara berlanjut ke materi selanjutnya yaitu penjelasan mengenai Qwords dan penawaran-penawaran menarik mengenai fasilitas-fasilitas hosting yang diberikan Qwords. Gue pun menyimak materi yang disampaikan sambil mengintip Qwords itu sendiri di dunia maya, ternyata memang Qwords ini perusahaan penyedia hosting yang memiliki mutu tinggi dengan memberikan banyak keuntungan.

Gila bray lo bisa bayangin Qwords itu udah beroperasi dari tahun 2005 dan melayani lebih dari 8000 pelanggan juga udah diliput oleh banyak media besar di Indonesia negara tercinta kita ini. Aksesnya cepat , bahkan bisa diakses dari seluruh dunia dengan jaminan 99,99% Uptime. Fiturnya lengkap, akun email bisa dengan nama domain kita sendiri, fasilitas database, website builder dengan CMS yang mudah digunakan, juga dukungan manual yang lengkap. Ditambah lagi klo kita nemuin kendala dan butuh bantuan, gak usah khawatir karna Qwords ngasih layanan bantuan 24 jam! Kita bisa hubungi lewat telpon bahkan chatting juga. KEREN!!
buat yang ingin buktiin sendiri klo Qwords itu keren cek aja webnya deh, nih www.qwords.com

Saking asiknya gue kepoin Qwords, gue gak sadar klo batre hp gue sekarat, padahal ini waktunya buat lomba live tweet. Aaah gue pun pasrah dan cuma bisa dadah-dadah sama hadiah yang jadi inceran banyak peserta disana. Tapi tiba-tiba seseorang terlihat bagai malaikat tanpa sayap datang menghampiri gue, caaah.. dan itu ialah Hani sang MC juga temen gue tadi. Doi tiba-tiba bilang ma gue “nih pake aja hape gue”.  “ah udah kak gak usah gapapa.” Kata gue. Tapi sambil terus nyodorin hp nya doi bilang, “udah pake aja woles lagian sayang klo gak ada yg live tweet, gue juga susah klo sambil ngeMC musti live tweet.” Yaudah akhirnya gue terima niat baiknya itu meski cukup canggung dan malu karna kita baru aja ketemu disini. 

Gue bingung kok tiba-tiba doi ngasih pinjem gue henpon, apa mungkin dari depan doi liat gue yang gelisah ya, aaah itu cuma kepedean dan khayalan gue aja, toh emang sebelum hp gue bener-bener mati,  gue emang ngetweet klo batre hp gue abis dan nyerah sama lomba live tweet. 

Jadi mungkin doi baca sama peduli jadi tergerak buat ngasih pinjem gue henpon eh lebih tepatnya itu iPhone. Padahal kita baru ketemu sekali dan doi bisa sebegitu baiknya sama gue, apa ini juga keberuntungan yang mbak Evi maksud tadi? Ya ya ya bisa jadiiii.. *nada kuis eat bulaga*

Akhirnya gue pun pake hp doi buat live tweet, setelah beberapa tweet yang gue buat, ujung-ujungnya gue bingung dan buntu buat ngetik apalagi supaya jadi bahan live tweet.  Akhirnya itu hp karna kelamaan gak gue sentuh dengan otomatis nge-lock (ngunci) layarnya. Pas gue mau buka, anehnya ini kok gak bisa gue unlock, ahahaa gue gelisah lagi, takutnya doi ngira udah baik dipinjemin hp malah gak gue gunain. Lagi-lagi doi dari depan (mungkin) ngeliat kegelisahan gue dan ngira batre hp nya udah mau abis, kali ini diapun balik lagi nyamperin gue sambil bawa charger tuh henpon. Tapi emang tadi gue liat tinggal beberapa persen lagi batre di layar henponnya, hanya saja bukan itu sih alasan yang mengganggu kenyamanan gue duduk, lebih ke susah unlock layar! Ahaha

Kesempatan ini pun gak gue sia-siakan buat minta doi unlock tuh layar, tengsin gue karna mungkin doi bakal mikir gue gaptek. Doi pun ngebuka layar dengan cara yang sama gue lakuin, dan voila! Layarnya kebuka. LOL! Gue bingung dan aneh kok gue gak bisa ya tadi buka tuh layar, padahal kan gampang banget dan caranya sama. Ini hp nya yang hi-tech apa jari gue nya yang low-tech. ahaha malu sumpah!

Dan hikmahnya, karna gue gak mau itu layar ngunci kembali, mau gak mau gue kudu ngetweet dan bisa mikir cepet bikin materi tweet-tweet lainnya, supaya gak ke-unlock lagi. jiahaha
Pada akhirnya saat pengumuman di akhir acara, pemenang lomba live tweet pun diumumkan. Finally gue berhasil dapet juara dua dengan hadiah USB 4GB.
hadiah-hadiah serta doorprize yang berhasil gue bawa pulang.
THANKS Qwords!!!

Waah senangnya, ini berkat bantuan temen gue juga, pengennya gue bagi dua nih kapasitas 4GB yang gue dapet, tapi sayangnya itu mustahil bray masa iyah kudu dipotong-potong ini flashdisk. gak ngaruh keleuuusss…! Rangkaian acara malam itu pun usai dengan diakhiri berfoto bersama antara peserta, penyelenggara, juga pemateri.
foto bersama di akhir acara

Malam itu buat gue seolah malam ulang tahun yang penuh kejutan .
Malam itu buat gue seperti malam pembinaan karakter LDKS dulu di sekolah.
Dan malam itu buat gue jadi malam penuh motivasi kayak acaranya Mario Teguh The Golden Way.

Gue bersyukur bisa hadir ke acara tersebut, banyak doorprize ilmu yang gue dapet meski dengan waktu yang cukup singkat. Bukan hanya yang terlihat mata, tapi lebih penting yang hanya bisa dirasakan pake hati.

Gue semakin yakin, klo Tuhan selalu memberi apa yang kita perlukan bukan yang kita inginkan.
"Lakukanlah apa yang bisa kita lakukan, selanjutnya biar Tuhan menggerakan semesta untuk melakukan apa yang tidak bisa kita lakukan."
***
sumber foto:
search engine in twitter with keyword: BloggerBDG QwordsRoadshow
@adeanto's  phone

2 komentar:

  1. mantaf lengkap banget tulisanmu tentang Acara kemaren, sukses ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak kang ade, sama-sama sukses juga ya kang :)

      Hapus

Tinggalkan Jejak